PENGARUH KOMUNIKASI TENTANG VAKSIN SINOVAC TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT DI DESA JEMBRAK KABUPATEN SEMARANG

  • RUSMIATI RUSMIATI universitas duta bangsa surakarta fakultas ilmu kesehatan
Keywords: vaksin sinovac, masyarakat, covid-19

Abstract

Dunia Kesehatan tidak akan lepas dari aktivitas komunikasi kelompok, termasuk pengaruh komunikasi tentang Vaksin Inovac terhadap keesadaran masyarakat, ada beberapa pihak masyarakat yang mempersoalkan atau meragukan keamanan dan kehalalan Vaksin Inovac, jadi banyak sekali masyarakat yang belum tau tentang Vaksin Inovac dan masih takut untuk menggunakannya, karena itu masyarakat kurangnya informasi yang benar atau kurangnya kesadaran komunikasi tentang vaksin inovac yang dapat memutus rantai penyebaraan covid-19.

Permasalaahan dalam ppenelitian ini adalah bagaaimana peran tenaga kesehatan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap pentingnya Vaksin Inovac.

Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan cara membuat Kuisioner menggunakan google form kemudian disebarkan kepada masyarakat. Bentuk penelitian ini bersifat persuasif yang bertujuan agar mendapatkan gambaran dari perumusan masalah. Data yang digunakan bersumber dari data sekunder yaitu data yang diperoleh dari literatur-literatur, serta teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa sangat minim sekali kesadaran pemahaman masyarakat mengenai vaksinasi dan masih banyak masyarakat yang takut akan jika divaksin takut efek samping yang akan ditimbulkan jika disuntik Vaksin Inovac.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-01
How to Cite
RUSMIATI, R. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI TENTANG VAKSIN SINOVAC TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT DI DESA JEMBRAK KABUPATEN SEMARANG. MEDFARM: Jurnal Farmasi Dan Kesehatan, 10(1), 18-27. https://doi.org/10.48191/medfarm.v10i1.37