PENGARUH KONSELING TENAGA KEFARMASIAN DALAM PELAYANAN, EDUKASI, DAN SWAMEDIKASI TERHADAP PASIEN DI APOTEK ASYA FARMA BANDUNGAN

  • Siti Nur Indriyah Universitas Duta Bangsa Surakarta

Abstract

Pada era modern ini tenaga kefarmasian dituntut untuk bekomunikasi dengan baik, karena ini penting dalam pelayanan obat pada pasien. Banyak terjadi kekurang pahaman pasien terhadap pemakaian obat karna kurangnya komunikasi. Maka, penelitian ini dilakukan guna meningkatkan pengetahuan pasien terhadap penggunaan obat yang baik dan benar agar dapat melakukan swamedikasi sendiri dirumah.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat agar mau bertanya dan berkonsultasi dengan Apoteker tentang penggunaan obat yang baik.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Penelitian survei diaplikasikan guna mengoleksi informasi dan data mengenai populasi, memakai sampel yang relative kecil. Bentuk penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah deskriptif dimana prosedur penelitian atau pemecahan masalah yang diselidiki dengan gambaran subjek atau objek, dan menggunakan teknik pengumpulan data primer yaitu dengan data yang dikumpulkan sendiri.

Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa masih banyak masyarakat yang minim akan pengetahuan tentang penggunaan obat yang baik dan benar serta masyarakat banyak yang tidak mau melakukan konseling dengan Apoteker langsung.

 

Kata Kunci : pelayanan, konseling , swamedikasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-01
How to Cite
Indriyah, S. (2021). PENGARUH KONSELING TENAGA KEFARMASIAN DALAM PELAYANAN, EDUKASI, DAN SWAMEDIKASI TERHADAP PASIEN DI APOTEK ASYA FARMA BANDUNGAN. MEDFARM: Jurnal Farmasi Dan Kesehatan, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.48191/medfarm.v10i1.47